Pintu Perlintasan Kereta Api di Jalan Ayahanda Diresmikan

oleh

POSMETROMEDAN.com – Pintu perlintasan Kereta Api di Jalan Ayahanda diresmikan, Pemko Medan melalui Dinas Perhubungan berkolaborasi dengan PT KI, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian, dan RS Royal Prima.

Peresmian perlintasan yang kini dilengkapi dengan palang itu dilakukan oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution, Jumat (17/9) sore, yang ditandai dengan membunyikan sirene tanda lewat kereta sekaligus menekan tombol penutupan palang.

BACA JUGA..  Suwarno Dukung Penuh Langkah Kejari Berantas Korupsi

“Fungsi utama pintu perlintasan ini untuk keselamatan, untuk memberitahu pengguna jalan bahwa kereta api akan melintasi jalan ini,” ucap Bobby Nasution didampingi Kadis Perhubungan Medan, Iswar.

Sebelumnya, lanjut Bobby Nasution, perlintasan ini tidak mempunyai palang, hanya dipacak besi di tengah jalan. Memang mobil tidak bisa lewat, tetapi sepeda motor masih bisa lewat.

“Sekarang sudah ada sirene tanda lewat kereta dan palangnya,” ucapnya.

BACA JUGA..  Pemko Usulkan TPA Regional di Telun Kenas

Selain untuk keselamatan, perlintasan ini juga sekaligus membuka akses jalan bagi mobil. “Di sekitar jalan ini ada rumah sakit. Ambulans yang membawa pasien tidak bisa lewat sini. Sampai sini mentok, harus memutar mencari jalan lain,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perhubungan, Iswar mengatakan, sebelumnya perlintasan kereta di Jalan Ayahanda ini ditutup secara manual.

BACA JUGA..  Bapenda Medan Rutin Sosialisasi Datangi Penunggak Pajak

“Sekarang kita buat pintu perlintasan resmi. Perlengkapan, peralatan, dan segala macam, termasuk petugas pos jaga resmi dari Dinas Perhubungan Medan,” sebut Iswar.

Iswar mengatakan, dengan pintu perlintasan kereta api ini diharapkan dapat menjaga keselamatan pengguna jalan dan aksesibilitas masyarakat terpenuhi.

“Apalagi di sekitar sini ada rumah sakit, ada kampus, yang semua itu harus kita support,” ungkapnya. (ali)