Langkat Luncurkan Aplikasi Simerak dan Ikuti Festival Ekonomi Syariah

oleh -107 views

POSMETROMEDAN.com Pemerintah Kabupaten Langkat meluncurkan aplikasi dan membuka pelatihan Simerak Langkat (sistem informasi monitoring dan evaluasi realisasi anggaran Kabupaten Langkat), di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat (10/8/2021).

Peluncuran dilakukan Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Sekdakab Langkat dr. H. Indra Salahuddin.

Pada arahannya, Sekda meminta peserta pelatihan untuk serius mengikuti pelatihannya.

“Saya minta kepada para operator dari masing-masing OPD dan Camat serius,” pinta Sekda.

Sebab, terang Sekda, Simerak digunakan untuk mengetahui perkembangan serapan dana, realisasi keuangan, kemajuan fisik kegiatan dan permasalahan yang timbul pada kegiatan.

BACA JUGA..  Pasca Kebakaran Pajak lama, Bupati Darma Wijaya : Pedagang Masih Bisa Berjualan Disini

Serta guna mengetahui perkembangan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan perangkat daerah di lingkungan Pemkab Langkat. Juga menilai keberhasilan perangkat daerah dalam pencapaian kinerja anggaran maupun kinerja kegiatan.

“Jadi Simerak untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas alokasi dan pemanfaatan sumber dana dan sumber daya pembangunan daerah, demi mewujudkan pemerintahan yang baik,” ungkap Sekda.

Sementara, Kabag Administrasi Pembangunan Setdakab Langkat, David Helgod Pardede, menjelaskan, tujuan penerapan aplikasi Simerak untuk menjaga konsistensi kesesuaian antara realisasi dan target kegiatan.

Selain itu, beberapa manfaat lainnya. Pertama, meningkatkan kemudahan ketepatan waktu dan keakuratan data dalam penyampaian laporan realisasi anggaran. Kedua, meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan laporan realisasi anggaran, yang diterima dari perangkat daerah. Terakhir, guna semakin mudah dan cepatnya mendapatkan data, dan informasi anggaran serta kinerja pembangunan.

BACA JUGA..  Masyarakat Huta Ginjang Terima Bansos PPKM Mikro Polres Tapanuli Selatan

Para peserta pelatihannya, sambung David,
2 (dua) personil yang menangani pelaporan monitoring dan evaluasi realisasi anggaran dari tiap perangkat daerah dijajaran Pemkab Langkat.

Pelaksanaannya, dibagi menjadi 4 (empat) gelombang, pergelombang diikuti 15 sampai 16 orang di masing-masing instansi perangkat daerah, sesuai dengan jadwal yang terlampir.

Pelatihannya pada tanggal 10,12,13,18,19 Agustus 2021 bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat.

BACA JUGA..  MTQ ke 54 Resmi Ditutup, Semoga Jadi Momentum Introspeksi Diri

Sebelumnya, Sekda menghadiri kegiatan Festival Ekonomi Syariah 2021 Regional Sumatera secara virtual dari Ruang LCC Kantor Bupati Langkat.

Sekda mengatakan, kegiatan ini dibuka Deputi Bank Indonesia, Rosmaya Hadi. Kegiatan ini diselenggarakan ditiga wilayah, yakni wilayah Pulau Sumatera di selenggarakan di Provinsi Riau, Pulau Jawa di selenggarakan di Jawa Tumur, Wilayah Indonesia Timur di selenggarakan di Provinsi Gorontalo.

Sekda mengaku, Pemkab Langkat siap mendukung event ini. Sebab, dapat mendorong perkembanagan ekonomi syariah di pulau Sumatera.(yan)

EPAPER