Dukung YMCC 2021 UPN “Veteran” Yogyakarta Melalui E-Coaching Jam

oleh -299 views
Wira Dharma Putra, Senior Manager Processing PTAR saat memberikan materi pada ECJ dalam rangkaian acara YMCC 2021, Sabtu 19 Juni 2021. (Ist/posmetro)

POSMETROMEDAN.com – PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe, turut berkolaborasi dalam kegiatan Youth Mining Camp Competition (YMCC) 2021 yang digagas oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Pertambangan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta.

Partisipasi Tambang Emas Martabe diwujudkan melalui webinar E-Coaching Jam (ECJ) dengan menampilkan Wira Dharma Putra, Senior Manager Processing  PTAR, sebagai narasumber, pada Sabtu 19 Juni 2021, akhir pekan lalu yang diikuti sekitar 350 mahasiswa dari UPN Yogyakarta dan juga mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Youth Mining Camp Competition 2021 (YMCC 2021) merupakan ajang kompetisi bidang pertambangan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan UPN “Veteran” Yogyakarta.

Melalui YMCC, setiap peserta dari berbagai universitas akan saling berkompetisi, menjalin jaringan, serta bertukar pengalaman antar mahasiswa pertambangan dari seluruh Indonesia. YMCC bertujuan meningkatkan kompetensi dan pengetahuan tentang dunia pertambangan dan juga melatih daya saing secara sehat dan sebagai dorongan untuk membentuk generasi tambang yang unggul di masa depan.

YMCC merupakan kegiatan rutin dua tahunan sebagai pengembangan dari program kerja Yogya Mining Competition (YMC) yang sebelumnya dilaksanakan dalam skala provinsi selama 8 tahun berturut-turut. Kemudian sejak tahun 2016, YMC berkembang lebih besar menjadi YMCC dan berskala nasional.

Dalam webinar E-Coaching Jam tersebut Wira Dharma Putra menyampaikan presentasinya bertema “Martabe Gold Mine: Technological Innovation for Mining Sustainability”. Dalam presentasinya, Wira Dharma Putra menjelaskan konsep dan penerapan inovasi teknologi di Tambang Emas Martabe dalam menciptakan industri pertambangan yang berkelanjutan.

Wira Dharma Putra menyatakan melalui acara E-Coaching Jam,PTAR selaku pengelola Tambang Emas Martabe bisa memberikan gambaran industri pertambangansecara riil kepada para mahasiswa yang nantinya akan berkarya di industri pertambangan.

“PTAR juga berkesempatan berbagi informasi tentang kontribusi perusahaan untuk masyarakat, upaya-upaya pengelolaan lingkungan serta manfaat keberadaan tambang yang berkelanjutan bagi masyarakat sekitar,“ kata Wira.

Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt Resources, Katarina Siburian Hardono menyatakan sebuah kehormatan bagi PTAR bisa mendukung kegiatan Young Mining Camp Competition (YMCC) yang diselenggarakan oleh HimpunanTeknik Pertambangan UPN “Veteran” Yogyakarta.

“ECJ kali ini merupakan ECJ kedua di tahun 2021, dimana sebelumnya Agincourt Resources bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) bulan Maret 2021 lalu,” kata Katarina.

Katarina menegaskan dukungan ini merupakan wujud komitmen Tambang Emas Martabe dalam mendukung peningkatan kualitas dunia pendidikan di Indonesia, di mana melalui ECJ, para mahasiswa dari berbagai jurusan terkait pertambangan diharapkan bisa mendapatkan ilmu serta pemahaman baru mengenai industri pertambangan, sehingga nantinya lebih siap dalam memasuki dunia kerja.

Sejak pertama kali dilaksanakan pada 2014, ECJ telah berhasil menjembatani diskusi lebih dari 40 ahli pertambangan dengan lebih dari 3.000 orang mahasiswa di seluruh Indonesia. Program E-Coaching Jam ini mendapatkan penghargaan CSR Indonesia Awards pada 2019.

Niken Seviola, mahasiswi Teknik Pertambangan UPN 2019 menyatakan dari mengikuti E-Coaching Jam ini dirinya mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru terkait pengolahan mineral emas yang tidak didapat dari perkuliahan.

“Penyampaian materinya pun sangat detil dan memunculkan rasa ingin tahu, jadi sangat menambah wawasan dan membuat saya update terhadap teknologi inovasi baru yang sedang berkembang saat ini. Terimakasih kepada YMCC dan Agincourt Resources yang telah menyelenggarakan E-Coaching Jam ini, terimakasih pula untuk Bapak Wira yang sudah memberikan materi,” kata Niken.

Sebagian peserta mahasiswa saat mengikuti E-Coaching Jam dalam rangkaian acara YMCC 2021. (Ist/posmetro)

Senada dengan Niken, Rezky Aditya Langkadja, mahasiswa Teknik Pertambangan UPN 2019 menyatakan materi yang disampaikan memberikan informasi mengenai teknologi pertambangan emas berkelanjutan.

“Sebagai mahasiswa tambang yang nantinya setelah lulus akan menjadi ahli tambang tentu saja materi yang diberikan sangat memberikan manfaat bagi saya dan teman-teman saya. Selain itu juga, dengansharing-sharing bersama pemateri tentu saja memberikan kita pandangan mengenai dunia pekerjaan terlebih di PT Agincourt Resources,” kata Rezky.

➡️ Sekilas Tambang Emas Martabe

Tambang Emas Martabe dikelola dan dioperasikan oleh PT Agincourt Resources. Wilayah tambang mencakup area 30 km² yang berada dalam Kontrak Karya (KK) generasi keenam dengan total luas wilayah 1.303 km². Tambang Emas Martabe terletak di sisi barat pulau Sumatera, Kecamatan Batang Toru, Provinsi Sumatera Utara.

Tambang Emas Martabe mulai berproduksi penuh pada 24 Juli 2012 dan memiliki basis sumber daya per tanggal 30 Juni 2020 adalah 7,6 juta ounce emas dan 66 juta ounce perak. Kapasitas operasi Tambang Emas Martabe adalah lebih dari 6 juta ton bijih per tahun untuk memproduksi lebih dari 300.000 ounce emas dan 2-3 juta ounce perak per tahun. PT Agincourt Resources melibatkan lebih dari 3.000 karyawan dan kontraktor, sekitar 99% di antaranya adalah warga negara Indonesia, dan lebih dari 70% berasal dari desa setempat.

PT Danusa Tambang Nusantara (PTDTN), adalah pemegang saham 95% dari PT Agincourt Resources. PTDTN merupakan anak usaha dari PT United Tractors Tbk. 60% dan PT Pamapersada Nusantara 40%, sekaligus merupakan bagian dari grup usaha PT Astra International Tbk. Kepemilikan saham 5% dimiliki  Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan Provinsi Sumatera Utara. (tob)

EPAPER