Satgas Covid-19 Sumut dan Deliserdang Bahas Langkah Turunkan Kasus

oleh -94 views
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Deliserdang mengadakan rapat koordinasi upaya penurunan jumlah kasus Covid-19 di Deliserdang, di Aula Kantor Bupati Deliserdang, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang, Senin (24/5/2021). (Dinas Kominfo Provinsi Sumut)

POSMETROMEDAN.com – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid -19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Deliserdang meningkatkan koordinasi membahas berbagai langkah untuk menurunkan jumlah kasus Covid-19 di Deliserdang.

Hal itu didasari angka dan data penyebaran kasus. Hingga 23 Mei 2021, angka positif rate di Deliserdang 15,31%, tingkat kematian mencapai 5,68%, sementara tingkat kesembuhan mencapai 86,45%.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Sumut Arsyad Lubis yang mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Sumut, menyampaikan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh Satgas Deliserdang untuk bersinergi dengan Satgas Provinsi. Di antaranya pengetatan protokol kesehatan (Prokes) hingga tingkat  desa, serta meninjau kembali standar operasional rumah sakit dalam menangani pasien.

BACA JUGA..  Kapolres Sergai dan Pemkab Gelar Rapat Kordinasi Pelaksanaan Vaksinasi Massal Guru

“Langkah tersebut, akan dituangkan ke dalam rencana kerja bersama antara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi dengan Deliserdang, kita harapkan, dalam dua minggu ke depan, kasus penularan Covid-19 di Deliserdang menurun,” kata Arsyad, usai mengikuti Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 Sumut dengan Satgas Penanganan Covid-19 Deliserdang di Aula Kantor Bupati Deli Serdang, Lubuk Pakam, Deliserdang, Senin (24/5).

Dikatakan Arysad, peningkatan kasus di Deliserdang menjadi perhatian Satgas Penanganan Covid-19 Sumut. Sinergi penanganan Covid-19 di daerah ini perlu terus ditingkatkan dan berkesinambungan.

BACA JUGA..  Putus Rantai Virus Covid-19, Polsek Pantai Cermin Giat Ops Yustisi 

Selain pengetatan Prokes dan memperbaiki standar operasional prosedur (SOP) penanganan pasien Covid-19, Bupati Deliserdang Ashari Tambunan menambahkan beberapa langkah. Di antaranya melakukan tracing serinci mungkin, sehingga menghasilkan kesimpulan yang tepat.

Ashari mengakui, dalam dua minggu terakhir ada tren peningkatan kasus Covid-19 di Deliserdang. Pihaknya akan terus berupaya menurunkan kasus Covid-19, juga terbuka dengan semua saran dan petunjuk dari berbagai pihak, termasuk Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut.

Usai pertemuan tersebut, pihaknya bersama Satgas Provinsi Sumut akan merumuskan rencana kerja atau langkah aksi. Diharapkan dalam dua minggu ke depan kasus Covid-19 di Deliserdang sudah menurun.

BACA JUGA..  Tangkap Otak Pemukulan di Tantom  

Ashari juga mengapresiasi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang menawari bantuan secara langsung dalam menangani Covid-19 di Sumut.

Anggota Bidang Penanganan Kesehatan Satgas  Covid-19 Sumut Restuti Hidayani Saragih menambahkan, SOP penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit perlu ditingkatkan. Begitu pula dengan SOP pelaksanaan isolasi mandiri di rumah. Untuk itu, Restuti meminta Satgas Deliserdang agar memperbanyak kapasitas isolasi terpusat.

Turut hadir Liaison Officer (LO)  BNPB Wilayah Sumut Dahlan Harahap, dan jajaran Pemkab Deliserdang. (ril/red)

EPAPER