Kasdam I/BB Hadiri Penutupan Latsitardanus XLI/2021 Wilayah Sumut

oleh -741 views

EPAPER

POSMETROMEDAN.com – Kepala Staf Kodam I/BB, Brigjen TNI Didied Pramudito hadir mewakili Pangdam I/BB, Mayjen TNI Hassanudin, hadiri upacara penutupan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLI/2021 Wilayah Provinsi Sumatera Utara di Apron Lanud Soewondo Medan, Sabtu (24/4/2021).

Acara penutupan dipimpin Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi sebagai inspektur upacara dengan Komandan Upacara, Letkol Pnb Anton Pallaguna yang menjabat Danskadron Udara 11 Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar.

Kegiatan diawali dengan pemeriksaan pasukan Taruna/Taruni Akademi TNI dan Akpol yang menjadi peserta Latsitardanus XLI/2021 bersama barisan mahasiswa oleh Inspektur Upacara, Gubsu Edy Rahmayadi dilanjutkan pernyataan penutupan.

“Pada hari ini, Sabtu pukul 08.15 Wib, Latsitardanus XLI/2021 di Wilayah Provinsi Sumatera Utara secara resmi saya nyatakan ditutup,” ucap Edy Rahmayadi.

Rangkaian acara penutupan dilanjutkan dengan pelepasan tanda peserta latihan dan penyerahan piagam penghargaan.

BACA JUGA..  Penyelesaikan Sengketa Tanah, Kepala BPN Sumut: Sesuai Mekanisme dan Tidak Ada Kepentingan Pribadi

Edy Rahmayadi mengatakan,  Latsitardanus XLI/2021 ini merupakan realisasi kurikulum integratif Taruna/Taruni Akademi TNI dan Akpol tingkat akhir yang wajib dipenuhi karena sebagai salah satu aspek penting dalam penentuan kelulusan Taruna untuk kemudian dilantik menjadi Perwira TNI-Polri.

Kegiatan Latsitardanus XLI/2021 ini bertujuan untuk memberi pembekalan kepada para Taruna/Taruni dalam menyongsong tugas ke depan, dan sebagai wadah pengembangan ilmu pengetahuan, juga sebagai upaya membantu pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan kehidupan di masa pandemi Covid-19.

Hal ini juga sejalan dengan tema kegiatan, yakni “Latsitardanus XLI/2021 Turut Menyukseskan Program Pemerintah Daerah dalam Pencegahan Covid-19 dan Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional di Wilayah Sumatera Utara”.

“Oleh sebab itu, kami di Sumatera Utara ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada Panglima TNI, Kapolri, Danjen Akademi TNI, Kalemdiklatpol, para Gubernur Akademi TNI dan Akpol karena telah memilih wilayah ini sebagai lokasi Latsitardanus XLI/2021,” ucap Edy.

BACA JUGA..  2 Kapal Asing Pencuri Ikan Ditangkap, Pelaku Sudah Dipantau

Kegiatan Latsitardanus XLI/2021 antara lain melakukan pekerjaan fisik atau karya bakti, seperti perbaikan fasilitas umum, RTLH, pembuatan/pengaspalan jalan, perbaikan drainase.

Sedangkan kegiatan non fisik berupa riset sosial, penyuluhan Covid-19 ke kampung tangguh, sosialisasi kesehatan dan bahaya narkoba, promosi Akademi TNI dan Akpol ke sekolah-sekolah, serta penanaman nilai kejuangan kepada anak-anak sekolah.

Diakhir arahannya, mantan Pangkostrad ini berpesan kepada seluruh Taruna/Taruni Akademi TNI dan Akpol untuk terus mendekatkan diri kepada Tuhan YME.

“Terus pupuk dan mengembangkan jiwa integrasi serta memanfaatkan wawasan keilmuan yang diperoleh selama latihan untuk menjadikannya sebagai modal pelaksanaan tugas di masa depan,” pungkas Edy mengakhiri.

BACA JUGA..  Petugas Gabungan Penyekatan Batas Deliserdang Diperketat

Di kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan cinderamata oleh Danjen Akademi TNI, Marsdya TNI Tamsil Malik, SE, MM, dan Kalemdiklatpol, Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel kepada pejabat TNI-Polri dan Bupati/Walikota yang wilayahnya menjadi lokasi sasaran Latsitrdanus XLI/2021.

Acara diakhiri dengan atraksi Drumband Taruna/Taruni Akademi TNI dan Akpol serta sesi foto bersama.

Tampak hadir di lokasi acara, antara lain Aspers Panglima TNI, Gubernur Akmil, Gubernur AAL, Gubernur AAU dan Gubernur Akpol, Wakapolda Sumut, Danlantamal I Belawan, Pangkosekhanudnas III Medan, Danlanud Soewondo, para PJU Kodam I/BB dan Poldasu, Dandim 0201/BS Medan, para pejabat sipil serta unsur Forkopimda provinsi dan kabupaten/kota, termasuk Rektor USU. (gib)

EPAPER