Penutupan Pertisaka Kencana 2023, Wali Kota: Pegang Teguh Kode Kehormatan Satya dan Darma Pramuka

oleh
Staf Ahli Wali Kota Sibolga, Rudolf S Butarbutar menyerahkan piala kepada juara umum perlombaan Pertisaka Kencana 2023. (Aris Barasa/Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan berharap, pelaksanaan Perkemahan Bakti Saka Pramuka Keluarga Berencana (Pertisaka Kencana) tahun 2023 yang digelar Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) dapat jadi bagian dari perjalanan hidup yang menginspirasi, membangun karakter dan menghadirkan perubahan nyata bagi bangsa.

“Kami yakin, kalian memegang teguh kode kehormatan satya dan darma pramuka. Karena itu adalah penuntun dan panduan berperilaku, baik di lingkungan pramuka maupun di kehidupan bermasyarakat,”kata Wali Kota Jamal pada penutupan Pertisaka Kencana di Bumi Perkemahan di Komplek Sport Centre Sibolga, di Keluarahan Aek Parombunan, Kecamatan Sibolga Selatan, Jumat (1/12/2023).

BACA JUGA..  Ketua KPU Humbahas Tak Tahu Alasan Penundaan Rapat Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat PPK

Disampaikan, Pertisaka Kencana 2023 merupakan wadah pemersatu antar gugus depan (Gudep) dan ajang kreativitas, untuk membentuk generasi penerus yang inovatif dan produktif. Juga untuk proses pembelajaran tentang kepramukaan dan program kependudukan dalam rangka meningkatkan pembangunan keluarga berencana.

Wali kota berpesan kepada peserta untuk bersungguh-sungguh menjalankan kewajiban membantu program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana, demi meraih Indonesia Emas 2045.

BACA JUGA..  Pelanggaran Terjadi Diseluruh Dapil Tapteng, Aliansi Partai Peduli Pemilu Minta Hitung Ulang

Kadis PPKB Kota Sibolga, Richard M Pangaribuan melaporkan, kegiatan yang berlangsung tiga hari, pada Rabu hingga Jumat (29/11-1/12/2023), telah terlaksana dengan baik.

Selama perkemahan, total 200 peserta dari Gudep SMA/SMK, MA Sibolga dan Tapteng, Saka Kencana Sibolga dan Kwarcab Gerakan Pramuka Sibolga, juga mengikuti beragam kegiatan dengan maksimal.

“Sebagaimana tujuan kita untuk membina dan mengembangkan persaudaraan dan persatuan di kalangan pramuka, serta memberikan kegiatan kreatif, rekreatif, inovatif, produktif dan mandiri,” kata Richard.

Peserta juga diberi pembekalan materi tentang pencegahan stunting, gizi seimbang, pencegahan anemia, ketahanan diri terhadap narkoba, bullying, saka kencana.

BACA JUGA..  Faisal Hasrimy Resmi Dilantik Jadi Pj Bupati Langkat

“Kami juga memberikan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi remaja, narkoba, HIV/AIDS, dan keluarga berencana,” kata Richard.

Selain itu, ada juga berbagai perlombaan di antaranya, Pionering, Senam Pramuka, Tuper, LKBB, Parade Semaphore, Cerdas Cermat, Debat, Karikatur, Pentas Seni, dan Komik.

“Dari sekian banyak pemenangnya, SMK Negeri 3 Sibolga dinyatakan sebagai juara umum,” Richard menambahkan. (*)

Reporter: Aris Barasa
Editor: Maranatha Tobing