Pemkab bersama Polres Batubara Tingkatkan Kesiapsiagaan Penanganan Karhutla

oleh
Polres Batubara bersama Pemkab menggelar apel kesiapan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang digelar di lapangan Bola Kaki Blok VIII, Kelurahan Lima Puluh Kota, Kecamatan Lima Puluh, Selasa (01/08/2023). Apel ini sebagai wujud kesiapan dalam menghadapi ancaman bencana pada musim kemarau 2023. (Rahman Khalid/Posmetromedan.com

Posmetromedan.com – Polres Batubara menggelar apel kesiapan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang digelar di lapangan Bola Kaki Blok VIII, Kelurahan Lima Puluh Kota, Kecamatan Lima Puluh, Selasa (01/08/2023). Apel ini sebagai wujud kesiapan dalam menghadapi ancaman bencana pada musim kemarau 2023.

Apel dipimpin langsung Bupati Batubara Ir. H. Zahir, M.AP tersebut diikuti oleh Kapolres Batubara, Unsur Forkopimda, Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, TNI/Polri, Ormas Peduli Bencana dan Kepala Desa se-Kabupaten Batubara.

BACA JUGA..  Sukses Amankan Pemilu, IMM Apresiasi Kinerja Kapolres Langkat

Diketahui kegiatan Apel Kesiapan Penanganan Karhutla merupakan yang pertama kali di jajaran Polda Sumatera Utara, sehingga diharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan kesiapsiagaan seluruh personil siaga Karhutla beserta sarana dan prasarananya.

Dalam amanatnya Bupati Zahir mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kesiapan Pemkab Batu Bara bersama dengan Polres dan instansi terkait apabila nantinya terjadi musibah bencana berupa kebakaran hutan maupun lahan, serta mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana yang kita miliki agar bisa dipergunakan sebaik-baiknya manakala musibah tersebut terjadi.

BACA JUGA..  Aktor Utama Pembakaran Mobil Wartawan Diburu Poldasu, 3 Eksekutor Diringkus

Selesai apel, dilanjutkan simulasi sepeda motor Bhabinkamtibmas Polres Batubara yang sudah dimodifikasi menjadi alat pemadam api.

Simulasi ini berhasil memadamkan api dalam waktu singkat menggunakan sepeda motor Bhabinkamtibmas yang telah dimodifikasi. Laju air yang dikeluarkan bisa mencapai hingga jarak 50 meter tersebut diyakini mampu menyasar di wilayah pemukiman penduduk yang sempit dan sulit dilalui oleh mobil Damkar, sehingga pada musibah kebakaran dapat dengan cepat diminimalisir sedini mungkin oleh Personil Bhabinkamtibmas Polres Batubara.

BACA JUGA..  2 Pembobol Grosir Ditangkap Polsek Medan Labuhan

Bupati mengapresiasi Polres Batu Bara yang telah menciptakan inovasi tersebut. “Kami juga sangat mengapresiasi bapak Kapolres untuk acara ini, serta inovasi memodifikasi sepeda motor Bhabinkamtibmas menjadi alat pemadam api, ini merupakan gagasan yang cemerlang yg sangat berguna untuk orang banyak, khususnya bagi warga Kabupaten Batubara,” ujar Bupati Batu Bara.(*)

Reporter: Rahman Khalid
Editor: Maranatha Tobing