PERUMAHAN WEB

Syahrul Pasaribu Jaga Silaturahmi dengan Pers

oleh
Tokoh masyarakat Sumatera Utara H Syahrul M Pasaribu bersama anggota dan pengurus PWI Tabagsel, IJTI Tabagsel dan perwakilan SWI, pada prnutupan kegiatan Silaturahmi Ramadhan. (Amran Pohan/Posmetromedancom)

POSMETROMEDAN.com – Penerima dua kali anugerah Sahabat Pers Sumatera Utara, H Syahrul M Pasaribu, terus menjalin silaturahmi dengan para insan pers. Salah satunya dengan Buka Puasa Bersama dengan anggota, pengurus PWI Tabagsel, IJTI Tabagsel dan perwakilan SWI, di Coffe Shop Tabona, Hotel Natama, Padangsidimpuan (Psp), Rabu (19/4/2023).

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Wantim Golkar Sumut itu menyebut, acara buka puasa bersama ini, merupakan penutupan dari kegiatan Silaturahmi Ramadhan 1444 Hijriyah, H Syahrul Pasaribu.

“Kegiatan Silaturahmi Ramadhan tahun 1444 Hijriyah ini, sejak awal saya rencanakan ditutup dengan acara buka puasa bersama kawan-kawan media. Itu buktinya, saya tetap seperti dulu, selalu bersama kawan-kawan (wartawan), yang banyak memberikan masukan sewaktu memimpin Tapsel, yang hasilnya silahkan rakyat yang menilai,” ungkap Syahrul yang juga Ketua Dewan Pertimbangan MUI Tapsel.

Syahrul Pasaribu, dua periode menjabat Bupati Tapsel ( 2010-2015 dan 2016-2021) mengatakan, setelah purna bhakti, sudah tiga kali bertemu bulan Ramadhan. Yaitu, 2021 M/1422 Hijriyah, 2022 M /1443 H dan 2023 M/1444 H.

BACA JUGA..  Lakukan Giat Pendidikan Modern Bersifat Membangun Karakter, Pj. Wali Kota Apresiasi Mbmi Tebing Tinggi

“Setiap bulan Ramadhan saya melakukan silaturahmi bersama masyarakat di banyak tempat, seperti tahun lalu sampai ke Palas dan tahun ini sampai di Labusel , dan itu saya lakoni sejak purna bhakti. Karena, sejak mahasiswa, aktif berorganisasi termasuk di kepemudaan, politisi hingga kepala daerah, saya selalu menjadikan rakyat sebagai ‘urat nadi kehidupan’,” ungkapnya seraya berharap silaturahmi antara dirinya dengan insan pers, tetap terjaga dengan baik.

“Tahun 1978 saya sudah terjun di dunia 5W + 1 H aktif di organisasi IPMI (Ikatan Pers Mahasiswa Indonesia -USU), sehingga sedikit banyak bisa mengerti tugas dan fungsi kawan-kawanku semua. Tetaplah jaga integritas dan jalankan tugas jurnalistiknya sesuai pedoman yang ada.

Kalaupun mengkritik, kritiklah sebuah persoalan sesuai fakta dan data. Kemudian jangan lupa sertakan solusi dalam berita,” pinta Syahrul sembari berkelakar ada diantara wartawan yang hadir, cukup kritis saat dirinya memimpin Tapsel, namun komunikasi dan silaturahmi tetap terjalin baik, sehingga semua kritikan justru dianggapnya ‘vitamin’ untuk lebih baik dalam menjalankan roda kepemimpinan demi kemajuan daerah.

BACA JUGA..  Jamaah Haji Terakhir Tiba di KNIA, Semoga Mabrur

“Peran rekan wartawan cukup besarlah bagi saya dalam memajukan Tapsel saat memimpin,” tegas pendiri dan Ketua Dewan Pakar BKMT Tapsel ini.

Syahrul juga berpesan, agar para wartawan pandai menempatkan diri ditengah dinamika politik menjelang pemilu yang pasti semakin tinggi.

“Dinamika politik akan semakin tinggi ke depan, karena ada perhelatan politik 2024. Tolong tetap jaga integritas dan independensi,” pintanya.

Diutarakan, sebagai pilar demokrasi ke empat, tentu peran para insan pers sangat dibutuhkan dalam mewujudkan hasil Pemilu yang jujur, adil dan bermartabat.

“Rekan-rekan wartawan semua, tolong bantu para penyelenggara untuk menyukseskan Pemilu nanti. Berita kalian sangat mempengaruhi dan menentukan, stabilitas dan kondusifitas perhelatan Pemilu nanti,” ajaknya.

BACA JUGA..  353 Siswa Bintara SPN Polda Sumut Ikuti Pendidikan, Ini Pesan Pj Bupati Langkat

Syahrul, penasehat KAHMI Sumut itu, berharap pada bulan Ramadhan ini dapat meningkatkan Iman dan taqwa serta ibadah kita diterima Allah SWT dan dapat dipertemukan kembali dengan Ramadhan berikutnya.

Sedangkan, dalam rangka menyikapi Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444, Syahrul juga mengajak insan pers, merayakannya dengan cara sederhana, tanpa mengurangi hikmah yang sesunggungguhnya.

“Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriyah, mohon maaf lahir dan bathin,” tutupnya.

Ketua PWI Tabagsel Sukri Falah Harahap berterimakasih kepada Syahrul Pasaribu. Karena telah mengagendakan buka puasa bersama insan pers sebagai penutup Silaturrahmi Ramadhan tokoh masyarakat Sumatera Utara itu di tahun ini.

Falah menyebut ini sebagai satu bukti kedekatan Syahrul dengan pers, yang sudah terjalin baik selama 12 tahun. Diharapnya hubungan ini terus dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi di masa-masa mendatang. (*)

Reporter: Amran Pohan
Editor: Maranatha Tobing