Rumah di Tapsel Roboh Akibat Gempa Sumbar

oleh
Rumah milik Adil Makmur Harahap di Desa Pangaribuan, Kec. Angkola Muaratais, Kab. Tapsel, roboh di bagian depan akibat gempa yang berpusat di Sumbar. (Amran Pohan/Posmetromedancom)

POSMETROMEDAN.com – Satu unit rumah di Desa Pangaribuan, Kecamatan Angkola Muaratais, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), rusak berat akibat gempa bumi 7,3 Skala Richter yang berpusat di laut Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Guncangan gempa pada Selasa (25/4/2023) pukul 03.00 WIB itu merobohkan dinding depan rumah beton, milik Adil Makmur Harahap (50). Saat kejadian itu, Adil Makmur mengaku, sedang berada sendirian di rumah.

BACA JUGA..  Marhandel, Tradisi Jelang Lebaran di Tapsel dan Tabagsel

“Gempa datang dan guncangannya sangat kuat. Saya mau keluar, tapi dinding bagian depan rumah tiba-tiba roboh dan langit-langitnya berjatuhan,” terang Adil Makmur kepada petugas dari Polres dan BPBD Tapsel.

Petugas Polres Tapsel dan BPBD Tapsel saat lakukan identifikasi di rumah Adil Makmur yang rusak berat akibat gempa yang berpusat di Sumbar. (Amran Pohan/Posmetromedancom)

Setelah berhasil keluar dari rumah, Adil Makmur minta tolong kepada para tetangga yang antara lain Khoir Harahap dan Pendi Harahap. Selanjutnya Kepala Desa bersama warga lainnya mendatangi rumah tersebut.

BACA JUGA..  Polisi Buru Perampok WNA Prancis yang Jatuh di Air Terjun Sipiso-piso

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kerugian satu bidang dinding bagian depan rumah roboh berikut pintu dan jendela. Satu tempat tidur rusak dan langit-langit rumah runtuh. Kerugian materi diperkirakan Rp 50 juta.

Selasa (25/4/2023) siang, petugas dari Polres Tapsel dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapsel sudah hadir di lokasi. Melakukan pendataan dan dokumentasi untuk tindak lanjut berikutnya.  (*)

BACA JUGA..  Polda Sumut Amankan Sopir Angkutan Lebaran Positif Narkoba

Reporter: Amran Pohan
Editor: Maranatha Tobing