IKLAN SIBOLGA

Banggakan Sumut, MAN Labuhanbatu Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional Tahun 2022

oleh
Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Labuhanbatu Syahbela Rusli Siregar,ST dan Kepala Madrasah MAN Labuhanbatu Akhmad Syiroj,S.Pd.M.Pd saat bertemu di Kantor DLH Labuhanbatu, Kecamatan Rantau Selatan, Kamis (29/11/2022). (Afriandi/Posmetromedancom)

POSMETROMEDAN.com – Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) Labuhanbatu menjadi satu-satunya sekolah Se-Sumatera Utara dari 305 sekolah Se-Indonesia yang mendapat Adiwiyata Nasional tahun 2022 sesuai surat keputusan (SK) Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Adiwiyata Nasional merupakan penghargaan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup sebagai sekolah yang berhasil menerapkan budaya lingkungan bersih, penanaman pohon, memiliki aneka ragam pohon, pola hidup bersih dan penghijauan di lingkungan sekolah.

Atas prestasi ini, Kepala Madrasah MAN Labuhanbatu Akhmad Syiroj,S.Pd.M.Pd mengucapkan terimakasih kepada staf, tenaga pendidik dan seluruh siswa/siswi MAN yang telah berkontribusi penuh dalam mencapai penghargaan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

EPAPER
BACA JUGA..  Wali Kota Lantik Nurmalini Marpaung Sekda Definitip Tanjungbalai

“Alhamdulillah sekolah kita mendapat penghargaan tertinggi Adiwiyata Nasional 2022 dari kementerian. Terimakasih kepada seluruh rekan dan siswa yang telah berkontribusi penuh atas capaian ini,” ucap Akhmad Syiroj kepada wartawan, Selasa (29/11/2022) saat ditemui.

Dia berharap, dengan prestasi yang diraih oleh MAN saat ini dapat menjadi acuan dan motivasi bagi sekolah-sekolah yang ada di Sumatera Utara, khususnya di Kabupaten Labuhanbatu. Selain itu, dirinya juga berharap kepada Pemkab Labuhanbatu untuk memberikan bantuan berupa peralatan dan pohon untuk ditanam.

“Sebagai motivasi bagi sekolah-sekolah lain juga. Kami berharap pemerintah dapat lebih bersinergi lagi untuk memberikan bantuan berupa peralatan seperti roda tiga bak sampah dan pohon-pohon untuk ditanam dalam lingkungan sekolah,” harapnya.

BACA JUGA..  Menko Marves Bantah Food Estate di Humbahas Gagal

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Labuhanbatu Syahbela Rusli Siregar,ST berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi sekolah lain. Dia berjanji, pihaknya akan memberikan reward bagi sekolah yang mendapat penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

“Harapan kami agar sekolah yg lain ikut berpacu dengan capaian ini, sebab DLH mendukung penuh dan akan memberikan reward terhadap sekolah berprestasi,” katanya.

Menurut Rusli, penghargaan Adiwiyata Nasional ini merupakan aset Labuhanbatu dalam upaya menumbuh kembangkan karakter dan perilaku anak guna meningkatkan kesadaran diri dalam menjaga pola hidup sehat dan bersih di lingkungan sekolah.

BACA JUGA..  Bupati Deliserdang Lantik 86 Pejabat Eselon IV

“Ini merupakan aset Labuhanbatu dalam menumbuh kembangkan karakter atau perilaku anak meningkatkan kesadaran diri menjaga  lingkungan. Termasuk dalam bagaimana memanfaatkan sampah, tidak membuang sampah sembarangan dan bagaimana menjaga perilaku hidup sehat,” katanya.

Penghargaan Adiwiyata Nasional Tahun 2022 akan diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI bersama 305 sekolah se-Indonesia pada Kamis 1 Desember 2022 mendatang di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat. (*)

Reporter: Afriandi
Editor: Maranatha Tobing