Diterjang Angin Puting Beliung, Lima Rumah di Patumbak Rusak

oleh -100 views
Salah satu rumah yang rusak akibat bencana angin puting beliung, di Kecamatan Patumbak, Deliserdang, Kemarin sore. (rahmad/ist)

POSMETROMEDAN.com – Hujan deras dan angin puting beliung menerjang pemukiman warga di Kecamatan Patumbak Kabupaten Deliserdang, Kamis (12/8), pukul 17.00 WIB. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kapolsek Patumbak AKP Neneng Armayanti, saat dikonfirmasi Jumat (13/8) mengatakan, fenomena alam ini melanda di dua desa, yakni Desa Patumbak I ,dan Desa Lantasan Baru di Kecamatan Patumbak Kabupaten Deliserdang.

“Sebanyak lima Kepala Keluarga (KK) terdampak. Sedangkan sebanyak 5 unit rumah warga mengalami kerusakan akibat puting beliung. Akibat dampak angin puting beliung di sertai hujan deras yang mengakibatkan rata-rata atap rumah yang terbuat dari seng terbang dan rusak. Dari lima rumah warga yang rusak, tingkat kerusakan berbeda-beda,” jelasnya.

BACA JUGA..  Melawan, Pelaku Curanmor Roboh Dibedil Tekab Patumbak  

Pasca kejadian itu, hari ini (Jumat, rRed), Polsek Patumbak bersama anggota dan unsur Desa Patumbak I dan Desa Lantasan Barun menuju ke lokasi terdampak untuk melakukan upaya penanganan darurat, seperti pendataan dan memberikan bantuan sembako.

Adapun, personel pelaksana mendampingi Neneng, yakni Kanit Provos Alwan, Bhabinkantibmas Aiptu M Silitonga, Bhabinkantibmas Briptu Masto dan Kadus Desa Patumbak I dan Kadus Desa Lantasan Baru.”Merespon kejadian tersebut, saya selaku Plt Polsek Patumbak telah menuju ke lokasi terdampak untuk melakukan upaya penanganan darurat, seperti pendataan dan memberikan bantuan berupa sembako bersama aparat setempat,” katanya.

BACA JUGA..  Satres Narkoba Polres Labuhanbatu Ungkap Peredaran Sabu dan Ganja

Neneng menambahkan, pendataan termasuk menginvetarisasi jumlah dan tingkat kerusakan infrasturktur yang terdampak angin puting beliung, sembari menyalurkan bantuan berupa, telur 1 papan, beras 1goni seberat 5kg, gula pasir 1kg dan minyak makan 1kg.

Sementara, jumlah penerima sembako ada lima KK, di Desa Patumbak I dan Desa Lantasan Batu, Kecamatan Patumbak, Deliserdang, masing masing di antaranya Puspita Wati (39) warga Dusun II Desa Patumbak I, Asmal Azis Nasution (72) warga Dusun II Desa Patumbak I dan Dwijo Gumarsono (61) warga Dusun IDesa Patumbak I.”Aparat dan masyarakat setempat bergotong royong untuk melakukan perbaikan dan membersihkan puing-puing material yang menghalangi,” ujarnya.

BACA JUGA..  Sidang Lanjutan Lahan PLTA Batangtoru, Saksi Tidak Tau Lokasi Lobu Sitompul

Neneng berharap, masyarakat tetap waspada dan siap siaga dalam menghadapi cuaca ekstrem di daerah setempat, karena fenomena angin puting beliung dapat terjadi saat pergantian musim.”Diimbau agar warga terus memantau perkembangan cuaca dan siap siaga dalam menghadapi cuaca ekstrem di daerah masing-masing,” imbaunya. (mad)

 

EPAPER