Apes! Anggota Brimob Polda Sumut Diperiksa, Ini Sebabnya…

oleh -133 views
BUANG: Briptu SS diabadikan temannya ketika membuang seekor kucing.(IST/POSMETRO MEDAN)

POSMETROMEDAN.com – Apes! Kata ini mungkin pantas ditujukan kepada Briptu SS. Akibat video dirinya membuang kucing ke parit menjadi viral, anggota Satbrimob Poldasu ini diperiksa Pengamanan Internal (Paminal) Korps Brimob Polri.

“Setelah kami telusuri dari kemarin, kami dapatkan bahwa kejadian tersebut di Polda Sumut oleh anggota atas nama Briptu SS, Satbrimob Polda Sumut,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (5/11/2020).

Awi menuturkan peristiwa itu terjadi pada akhir September lalu. Namun baru viral saat ini.

“Kejadiannya pada tanggal 30 September 2020, sekitar pukul 16.30 WIB. Kejadiannya sudah lama dan baru saat ini viral,” tuturnya.

Awi menyampaikan kejadian itu terjadi ketika SS sedang makan bersama temannya saat berjaga. Kemudian makanannya direbut oleh kucing, SS merasa kesal. Ia kemudian melempar kucing tersebut ke parit dan divideokan oleh temannya.

BACA JUGA..  Doni Nainggolan Pemegang Mandat Parkir Eks Terminal Pusat Pasar

“Kita sudah tanyakan apa motifnya. Dari pengakuan yang bersangkutan, itu tidak kesengajaan waktu makan sore saat yang bersangkutan jaga, makanannya direbut oleh kucing, sehingga yang bersangkutan kesal sehingga membawa kucing itu ke parit. Namun yang bersangkutan sadar bahwasanya divideokan oleh temannya,” ujarnya.

Polri menegaskan oknum anggota Brimob yang melempar anak kucing ke parit dalam pemeriksaan Pengamanan Internal (Paminal) Korps Brimob Polri. Oknum tersebut saat ini berada di Jakarta.

“Jadi yang berangkutan saat ini sudah dilakukan pemeriksaan Paminal Korps Brimob Polri. Kebetulan yang bersangkutan saat ini ada kegiatan BKO (Bawah Kendali Operasi) di daerah Ibu Kota, sehingga yang melakukan pemeriksaan Korps Brimob Polri,” kata Brigjen Awi Setiyono.

BACA JUGA..  Trio Maling Pupuk Diringkus, Satu Didor

Lebih lanjut Awi mengatakan Polri sangat menyesali adanya perbuatan tersebut. Awi menyampaikan, Polri akan menindak tegas SS sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Kita sangat menyesalkan masih ada anggota kita yang melakukan hal-hal yang tidak terpuji. Tentunya akan kita tindak secara tegas sesuai perundang-undangan yang berlaku, dan hal tersebut melanggar Perkap Nomor 14 Tahun 2011,” jelasnya.

“Di Pasal 11 itu terkait dengan etika kepribadian, di Pasal 11 huruf c bahwasanya setiap anggota Polri wajib menaati dan menghormati norma kesusilaan, norma agama, nilai-nilai kearifan lokal dan norma hukum. Karena memang hal tersebut sudah dilarang oleh agama bahkan di hukum juga dilarang, tentunya akan kita tindak tegas,” imbuh dia.

BACA JUGA..  Pecatan Polda Kepri Bawa 20 Kg Sabu dan 10 Ribu Inex

Sebelumnya, video yang memperlihatkan seorang pria berseragam Korps Brimob Polri melempar anak kucing ke parit viral. Dalam video berdurasi 13 detik itu, tampak seorang pria berseragam Korps Brimob Polri berdiri di atas jembatan sambil menggenggam sesuatu dengan tangan kanannya.

Salah satu temannya pun menanyakan apa yang sedang dipegangnya. “Apa, Rembo, kucing?” ujar seseorang dalam video tersebut. Terlihat yang digenggam adalah seekor anak kucing berbulu putih. Tak lama setelah ditanya, pria tersebut melempar kencang anak kucing itu ke arah parit dan tertawa.(*/ras)