HUT NAGAN RAYA

85 Dokter Ahli Disiapkan Periksa Balon Kdh se-Sumut

oleh -85 views

posmetromedan.com – Dirut RSUP H. Adam Malik dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) mengatakan, 85 dokter ahli untuk melakukan pemeriksaan kesehatan para bakal calon kepala daerah (Balon Kdh) se Sumut.

“Semua dokter yang terlibat dalam pemeriksaan kesehatan ini adalah dokter ahli dari Adam Malik. Jumlahnya 85 orang dokter ahli. Pemeriksaan kesehatan ini tiga kelompok,” kata Zainal Safri, Rabu (9/9).

Seperti diketahui, pemeriksaan kesehatan bagi pasangan bakal calon meliputi pemeriksaan jasmani (USG, laboratorium, rontgen, mata, penyakit dalam, bedah, urologi, gigi dan mulut, orthopaedi, THT, jantung, neurologi, paru dan obgyn), pemeriksaan psikiatri serta pemeriksaan bebas narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).

BACA JUGA..  HP Miliknya Digadaikan, Yetno Malah Dibacoki, Mujur Masih Bisa Kabur

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari sampai dengan Jumat (11/9), setelah sebelumnya menyelesaikan tahapan pemeriksaan rohani oleh HIMPSI pada hari Selasa (8/9). Para   Paslon yang menjalani Pemeriksaan Kesehatan ini telah melakukan pemeriksaan SWAB dan dinyatakan negatif dari virus Covid-19.

“Hari ini 42 orang calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dari sembilan Kabupaten/Kota mengikuti  pemeriksaan kesehatan. Selanjutnya pada hari kedua sebanyak 48 orang dan hari ketiga sebanyak 20 orang. Rangkaian Pemeriksaan Kesehatan secara khusus dipusatkan di Gedung Paviliun RSUP HAM,” katanya.

BACA JUGA..  Partai Gelora All Out Mendukung Bobby - Aulia

“Pemeriksaan kesehatan para pasangan calon, kami tempatkan di tempat khusus yaitu Gedung Paviliun yang jauh dari lokasi pelayanan covid. Soal tambahan waktu ada. Akan ada tambahan waktu tersendiri nanti sekitar empat belas hari mendatang. Itu untuk sekitar enam orang yang terkendala perihal hasil test PCR Swab,” sambungnya lagi.

Selain dari 110 orang Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang telah dijadwalkan tersebut, masih ada Paslon yang menunda jadwal pemeriksaan kesehatan karena status calon tunggal sehingga KPU setempat memperpanjang masa pendaftaran Paslon. Dan terkait hasil test PCR Swab beberapa orang yang dinyatakan positif covid-19, akan ada penambahan waktu paling cepat empat belas hari mendatang.

BACA JUGA..  Derita Cewek Dolok Masihul, Pulpen Dipinjam, Kehormatan Melayang

Pelaksanaan Pemeriksaan Kesehatan yang diadakan di Rumah Sakit terstandar internasional ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pemeriksaan ini dilayani oleh tim pemeriksa kesehatan RSUP HAM berjumlah ratusan orang, yang terdiri dari dokter spesialis, perawat, tenaga kesehatan lainnya dan panitia yang diketuai oleh dr Edy Ardiansyah Sp.OG (K). (ali)